Pelaksanaan Pembukaan PBAK (Pengenalan Budaya Akademik Kampus)

  • 04-09-2019
  • 04:50 WITA
  • admin_fsh
  • Berita

Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum Dr. H. Muammar Muhammad Bakri Lc., M.A. menegaskan bahwa mahasiswa dalam menuntut ilmu agar tidak cepat merasa Qana’ah (cukup), tapi harus selalu haus mencari ilmu sesuai dengan dasar katanya dalam Bahasa Arab, “thalab”, yaitu orang yang senantiasa mencari Ilmu. Hal ini diungkapkan saat memberikan sambutan pada kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kampus (PBAK) Fakultas Syari’ah dan Hukum yang berlangsung di pelataran parikir Fakultas Syari’ah dan Hukum.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dari hari Selasa  tanggal  3 dan Rabu tanggal 4 September 2019, selain dihadiri oleh para wakil Dekan I (Dr. H. Halim Talli, M.Ag., Wakil Dekan II (Dr. Hamsir, MH, dan wakil dekan III (Dr. H. Muh. Saleh Ridwan, M.Ag.),  juga dihadiri oleh para ketua Jurusan dan Sektertaris Jurusan Ilmu Hukum, Hukum Tata Negara, Hukum Keluarga Islam, Ilmu Falak dan Hukum Ekonomi Syari’ah. Demikian juga Kepala Tata Usaha (KTU) dan para Kabag Tata Usaha dan para Dosen.

Dalam kegiatan PBAK tahun ini menghadirkan tamu dari KPK Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi, Bapak Budi Santoso, SH, MH. Dan Bapak Dr. Musrifu,  H., MH Sebagai pemateri. Selain itu juga mengundang narasumber perwakilan Komisi Penegakan Kode Etik (KPKE) UIN Alauddin Makassar Ibu Dr, Safriani., SH., MH.

Ketua Panitia PBAK 2019, Irfan, S.Ag, M.Ag, dalam laporannya mengatakan bahwa jumlah mahasiswa Baru yang diterima masuk ke Fakultas Syari’ah dan Hukum sebanyak 710 orang yang tersebar ke lima jurusan. Ketua panitia juga menegaskan bahwa tujun diselenggarakannya kegiatan PBAK ini agar mahasiswa baru dapat lebih mengenal lingkungan kampus serta aturan-aturan akademik yang berlaku di lingkungan kampus.

Turut pula Para pengurus Lembaga  diberi kesempatan untuk berorasi di depan adik-adiknya. adapun Tema PBAK Tahun ini mengangkat tema “Demokrasi dan Mahasiswa”.