Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak mengikuti International Observe the Moon Night

  • 05-10-2019
  • 12:09 WITA
  • admin_fsh
  • Berita

MAKASSAR. FSH.UIN.ALAUDDIN.AC.ID – Jurusan Ilmu Falak bekerjsama dengan astronomi amatir Makassar melaksanakan kegiatan International Observe the Moon Night atau disingkat dengan InOMN pada Sabtu (5/10/2019) di Pantai Losari Makassar. InOMN merupakan salah satu event astronomi yang digelar baik dari kalangan astronom amatir maupun para ahli.

InOMN merupakan event tahunan yang dimulai sejak tahun 2010 atau lebih tepatnya InOMN pertama kali digelar pada 18 September 2010. Tujuan dari InOMN itu sendiri dapat kita tebak dari nama eventnya yakni untuk mengamati atau mengobservasi bulan secara bersama-sama dari seluruh belahan dunia. Akan tetapi, ada yang unik dalam penyelanggaraan InOMN ini, dimana event tahunan lainnya yang digelar pada tanggal yang sama tiap tahun, maka InOMN digelar pada tanggal yang berbeda-beda tiap tahunnya.

Kegiatan ini dilaksanakan serentak secara international untuk menyeragamkan dan agar kita bersama-sama dari seluruh belahan dunia mengamati Bulan di malam dan fase yang sama. Selain itu agar kita juga mememiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan dan mendekatkan masyarakat untuk lebih dekat mengenal Bulan sebagai satelit alam Bumi kita.

Editor : Muhammad Ikram Nur Fuady