Meningkatkan Pelayanan Akademik, Fakultas Syariah dan Hukum Gelar Pelatihan Tata Kelola Persuratan

  • 09 Februari 2021
  • 03:01 WITA
  • Administrator
  • Berita

GOWA, FSH.UIN-ALAUDDIN.AC.ID., Dalam rangka menyuseskan Panca Cita Rektor Bidang Akademik tentang Data yang Terintegrasi serta memberikan Pelayanan Akademik yang Cepat, Tepat, dan Efektif kepada seluruh civitas akademika, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar melaksanakan Pelatihan Tata Kelola Pesuratan, Selasa 09 Februari 2021 di Ruang Leacture Teather.  

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Wakil Dekan I Bidang Akademik, Wakil Dekan II Bidang Administrasi dan Sarana Prasarana, Kepala Bagian Tata Usaha, Para Kasubag, Ketua dan Sekretaris Jurusan, serta seluruh Staf lingkup Fakultas Syariah dan Hukum.

Kagiatan yang menghadirkan dua orang narasumber yang berkompeten dibidangnya yakni: H. Muh. Yunus Umar., S. Sos., M.Ag. dan H. Nazaruddin, S.Ag., M. Sos.I.  yang masing-masing membawakan materi tentang Tata Kelola Persuratan dan Tata Kelola Perpustakaan.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu lembaga yang profesional dapat dinilai dan diukur dari administrasi persuratan yang terkait dengan manejemen dan data yang dikelola dengan baik untuk kepentingan arsip dalam bentuk fisik maupun digital, kedua hal ini menjadi hal yang penting sehingga kedepan jika dibutuhkan dikemudian hari dapat dengan mudah ditemukan. Pimpinan berharap, data yang terintegrasi dapat diwujudkan, sebagaimana hal ini merupakan bagian dari panca cita rektor, olehnya itu kita memulai dari sekarang, dan ini merupakan pekerjaan yang membutuhkan keseriusan.

salah panca cita rektor adalah data yang terintengrasi, olehnya itu kegiatan ini sangat dibutuhkan dalam rangka memberikan edukasi kepada seluruh civitas akademika khususnya staf baik fakultas maupun jurusan untuk melakukan perbaikan administrasi persuratan hingga pengarsipan, ungkapnya.

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini pimpinan berharap dapat menunjang terselenggaranya pelayanan akademik yang baik, cepat, tepat dan efektif kepada mahasiswa dan kepada dosen yang membutuhkan pelayanan administrasi, olehnya itu seluruh SDM yang bekerja dibagian administrasi dapat mengelola manajemen adminstrasi yang baik, sehingga memberikan kemudahan kepada dosen agar tidak lagi direpotkan dengan masalah administrasi  sehingga dapat fokus dengan tugas nya sebagai dosen dan kepada mahasiswa agar tidak lagi mengikuti prosedur yang sulit sehingga dapat lebih fokus dengan peningkatan prestasi.

Dengan adanya manejemen administrasi yang baik, diharapkan dapat memberikan pelayanan akademik yang baik kepada dosen dan mahasiswa, sehingga dosen dan mahasiswa dapat fokus peningkatan akademik dan prestasinya tidak lagi direpotkan dengan kerja-kerja admnistrasi yang sulit, tambahnya.

Kegiatan ini sangat memberikan pencerahan kepada seluruh staf, kerena materi yang disajikan sangat dibutuhkan oleh staf yang bersentuhan langusung dengan dosen dan mahasiswa. Diakhir sesi peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan meminta kepada pemateri untuk diberikan trik mengerjakan administrasi yang efisien.

 

Editor: Sadri Saputra. S.