Peringati Hari Jadi: Prodi Ilmu Falak Sukses Gelar Falak Fair 2021. Dekan,

  • 09 April 2021
  • 01:46 WITA
  • Administrator
  • Berita

GOWA. FSH.UIN-ALAUDDIN.AC.ID., Dalam rangka memperingati hari jadi Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum yang ke 5 tahun, Program Studi Ilmu Falak laksanakan Falak Fair 2021, Rabu-Jumat, 07-09 April 2021 di LT Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Pembukaan Falak Fair 2021 ini, dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum, Para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Para Civitas Akademika Lingkup Fakultas Syariah dan Hukum, Mahasiswa Ilmu Falak dari seluruh Indonesia yang juga hadir secara online via zoom meeting.

Arwan Ahmad selaku Ketua Panitia Pelaksana, dalam laporannya menyampaikan bahwa Falak Fair  tahun ini mengangkat tema: metamorfosa insan alak dalam mewujudkan unity of islamic science, selain itu ia juga menyampaikan bahwa dalam falak fair tahun ini dirangkai dengan berbagai kegiatan yakni: pelatihan astrofotografi, kunjungan virtual, bedah buku, kuliah umum Indonesia-Malaysia, lomba debat, lomba esai nasional, lomba kultum, dan launching Mars HMJ Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar.

Sesuai dengan tema Falak Fair tahun ini, saya berharap semoga kedepan insann Falak UIN Alauddin Makassar dapat berkontribusi dalam pengembangan Ilmu Fala di Indonesia serta menjadi garda terdepan dalam peradaban Islam yang terintegrasi dengan sains modern, selain acara puncak, hampir semua kegiatan dilaksanakan secara online mengingat karena masih dalam pandemi COVID-19, ungkap Arwan.

Andy Muhammad Ruknanto selaku ketua HMJ Ilmu Falak, dalam sambutannya  menyampaikan bahwa, falak fair ini merupakan program kerja wajib yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari jadi Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, serta menjadi wadah untuk kembali merefleksi sejarah perjuangan ilmu falak.

Mewakili seluruh pengurus, menyampaikan terima kasih kepada pimpinan universitas, fakultas, program studi, serta seluruh dosen atas segala fasilitas yang diberikan, dorongan dan motivasi untuk menyuseskan acara ini, serta kepada seluruh panitia yang terus bekerja demi suksesnya kegiatan ini, tambahnya.

Ketua Program Studi Ilmu Falak Dr. Fatmawati, M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan Falak Fair telah dilaksanakan sejak bulan februari, dimulai dari kuliah umum Indonesia-Malaysia, Bedah Buku, Astrofotografi hingga hari ini dilaksanakan sebagai hari puncak pelaksanaan falak fair tahun 2021.

Selaku pimpinan Program Studi tak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada para pendiri Ilmu Falak yang telah berjuang untuk menghadirkan Ilmu Falak di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, kepada para pimpinan yang telah membawa ilmu falak meraih akreditas B oleh BAN-PT, dan kepada guru  yang masih setia berdedikasi untuk ilmu falak,  serta kepada seluruh alumni dan mahasiswa ilmu falak yang terus semangat dan terus berkreasi dalam mensyiarkan ilmu falak, tentu diusia yang masih muda ini ilmu falak akan terus berbenah untuk menjadi program studi yang handal dan dapat meraih akreditasi yang unggul dan melahirkan alumni yang berdaya saing, ungkapnya.

Dekan Falkultas Syariah dan Hukum Dr. H. Muammar Muhammad Bakry, Lc., M.Ag. dalam sambutannya menyampaikan bahwa, rangkaian kegiatan falak fair dalam rangka memperingati hari jadi Program Studi Ilmu Falak ini sangat menunjang dan sangat sesuai dengan kriteria standar 9 akreditasi oleh BAN-PT, tentu kita semua berharap semoga Program Studi Ilmu Falak dapat mengakasa sama seperti mottonya.

Selaku pimpinan fakultas, tentu sangat merespon baik kegiatan yang dilakukan setiap prodi, apalagi jika kagiatan yang dilaksanakan telah menunjang akreditasi standar 9 oleh BAN-PT, tentu kami mengucapkan terima kasih kepada ketua prodi, para dosen Ilmu Falak, dan anak-anakku sekalian mahasiswa Ilmu Falak yang telah melaksanakan kegiatan ini, merespon seluruh masukan dari dosen ilmu falak maka tidak ada salahnya jika anggaran fakultas mencukupi, fakultas akan menganggarkan pembangunan observatorium tahap demi tahap, demi terwujudnya fakultas syariah sebagai garda penelitian dan pusat wisata edukasi, pimpinan berharap semoga program studi yang lain dapat melaksanakan kegiatan yang serupa, tutupnya.

Untuk diketahui, dalam acara puncak  falak fair ini, juga dirangkaikan dengan kilas balik Ilmu Falak, yang menghadirkan tokoh penting dalam sejarah ilmu falak UIN Alauddin Makassar yakni: Drs. Abbas Padil, MM., selaku Dosen Pakar Ilmu Falak UIN Alauddin Makassar, Dr. HJ. Rahmatiah HL., M.Pd., selaku Ketua Program Studi Ilmu Falak UIN Alauddin Makassar Periode 2016-2019, serta Dr. Fatmawati, M.Ag. selaku Ketua Program Studi Ilmu Falak Periode 2019-2023.

Acara puncak falak fair ini, diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar dan potongan pertama diberikan kepada Bapak Drs. Abbas Padil, MM., selaku Dosen Pakar Ilmu Falak.  

Penulis: Sadri Saputra. S.