Program Studi Ilmu Falak Gelar Pengamatan Hilal Awal Bulan Ramadhan 1442 H

  • 13 April 2021
  • 12:30 WITA
  • Administrator
  • Berita

MAKASSAR, FSH.UIN-ALAUDDIN.AC.ID., Dalam rangka memasuki awal bulan ramadhan 1442 H, Program Studi Ilmu Falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar melaksakan pengamatan hilal awal bulan ramadhan, 12 April 2021 di Rooftop Mall GTC Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya ini, dilaksanakan bersama dengan Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, Pengadilan Tinggi Agama, Organisasi Masyarakat serta Komunitas dan Pegiat Ilmu Falak dan Astronomi.

Ketua Program Studi Ilmu Falak, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari pada kajian penting Program Studi Ilmu Falak, sehingga mahasiswa diajurkan untuk mengikuti kegiatan ini baik secara langsung di lokasi pengamatan maupun di kampung masing-masing dengan pengamatan mandiri.

Saat ini, kita dapat menyaksikan cuaca yang mendung sehingga tidak memungkinkan hilal terlihat, tetapi untuk data tinggi dan posisi hilal telah dihitung oleh tim hisab dan rukyat Fakultas Syariah dan Hukum, tambahnya.
Ketua HMJ Ilmu Falak, mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi wadah bagi mahasiswa Ilmu Falak dalam mengimplementasikan ilmu yang didaptkan di bangku perkuliahan, selain itu juga menjadi wadah belajar dalam menggunakan alat-alat secara langusung, ujar Andy.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil perhitungan serta hasil penetapan sidang isbat yang dilakukan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, menetapkan 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada tanggal 13 April 2021 M.

Penulis: Sadri Saputra, S.