HMJ Ilmu Falak, Sukse Gelar Falak Camp Berbasis Pengabdian Masyarakat

  • 19 September 2021
  • 06:41 WITA
  • Administrator
  • Berita

MAROS, FSH.UIN-ALAUDDIN.AC.ID. Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Falak, Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Alauddin Makassar, menggelar  Falak Camp di Dusun Kuricaddi, Desa Nisombalia, Kec. Marusu, Kab. Maros,  Jum’at-Ahad, 17-19 September 2021.

Kegiatan yang mengangkat tema “Explorasi Pelosok Dalam Merajut Sosial Pendidikan” ini dihadiri langsung oleh, Wakil Dekan III FSH UIN Alauddin Makassar, Ketua dan Sekretaris Prodi Ilmu Falak, Tokoh Masyarakat, serta segenap Mahasiswa Program Studi Ilmu.

Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum, Dr. H. M. Saleh Ridwan, M.Ag., dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan ini adalah bagian dari pengimplementasian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Saya sampaikan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat ini, merupakan wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang terdiri dari tiga poin yaitu; Pertama, pendidikan dan pengajaran, Kedua penelitian dan pengembangan, Ketiga pengabdian kepada masyarakat” ungkapnya.

Lebih lanjut, Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini terlaksana, tidak terlepas dari koordinasi antara Pimpinan Fakultas dengan Pimpinan Program Studi, tentu juga dengan atas kerjsama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak.

“Dan juga saya sampaikan bahwa kehadiran kami di sini, tidak terlepas dari koordinasi antara Pimpinan Fakultas dan Program Studi serta Mahasiswajelasnya.

Dr. Fatmawati, M.Ag., Selaku Ketua Program Studi Ilmu Falak, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah setempat atas berkenannya menerima mahasiswa Program Studi Ilmu Falak melakukan kegiatan, serta memberikan apresiasi kepada pengurus HMJ Ilmu Falak atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Kami mengucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah setempat atas berkenannya menerima mahasiswa Program Studi Ilmu Falak melakukan kegiatan di tempat ini, serta penghargaaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus HMJ Ilmu Falak atas terselenggaranya kegiatan ini” pungkasnya.

Fitry selaku Badan Pengelolah Desa (BPD) sekaligus tenaga pengajar MI Al-Wasih Kuri, berharap kepada Mahasiswa, agar memberikan edukasi  kepada masyarakat terkait pentingnya pendidikan agar masyarakat termotivasi untuk membawa anaknya ke sekolah.

“Saya berharap kepada Mahasiswa Ilmu Falak agar menjadi contoh yang baik kepada masyarakat setempat, yang mayoritas berprofesi sebagai pelaut agar ia sadar akan pentingnya pendidikan sehingga para masyarakat membawa anaknya kesekolah” harapnya.

Andy Muhammad Ruknanto selaku Ketua HMJ Ilmu Falak, mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan karena melihat kondisi Pendidikan di tengah pendemi COVID-19.

“Kegiatan ini dilaksanakan karena melihat kondisi Pendidikan selama pandemi COVID-19, untuk itu melalui kegiatan ini setidaknya kami telah memberikan sumbangsih dalam rangka memberikan dukungan dalam hal pendidikan kepada pemerintah” tutup Andy.