Fakultas Syariah dan Hukum Gelar Workshop Kurikulum Dirangkaikan Seminar Nasional Moderasi Beragama

  • 23 September 2021
  • 06:46 WITA
  • Administrator
  • Berita

GOWA, FSH.UIN-ALAUDDIN.AC.ID., Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar menggelar Workshop Kurikulum Berbasis OBE-MBKM dan Seminar Nasional Moderasi Bergama, Kamis 23 September 2021 yang berlangsung secara offline dan online melalui media zoom meeting.

Kegiatan ini, menghadirkan 2 Narasumber utama yakni: Dr. H. Ali Imron, S.Ag., SH., M.Ag., (Wakil Dekan I Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang) dan Dr. Ayi Yunus Rusyana, M.A.g.

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada narasember atas kesediannya mengikuti acara ini, serta kepada seluruh tamu undangan dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Atas nama pimpinan Fakultas kami menyampaikan terima kasih kepada narasumber serta seluruh partsipan dari berbagai perguruan tinggi atas kesediannya bergabung dalam acara ini” ungkapnya.

Selain itu beliau juga mengungkapkan, bahwa dalam perancangan kurikulum harus dibuat fleksibel sesuai dengan perkembangan zaman yang ada, sehingga kerilukum dapat diterima di masyarakat.

“Dalam pembutan kurikulum, perlu Kita lebih fleksibel dan modern, Islam bisa diterima semua pihak, lintas waktu dan wilayah itu karena Islam itu fleksibel, jika kita mamatok satu kurikulum tapi tidak mengikuti perkembangan dan moderenitas, berarti kurikulum itu akan ditinggalkan, tentu otomatis akan berdampak pada penerimaan alumni kita di masyarakat”

Lebih lanjut, beliau mengingatkan kepada seluruh program studi, untuk memperhatikan setiap elemen dan ketentuan dalam perancangan kurikulum.

“Perlu untuk diingat, apa saja yang harus ada dalam kurikulum itu, itulah sebabnya perlu ada pembagian mata kuliah Universitas, Fakultas, dan Program Studi yang diimplementasikan dalam kurikulum yang akan dibuat secara komprehenship” tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti berbagai Perguran Tinggi Islam di Indonesia, juga menghadirkan setiap Asosiasi Program Studi di Fakultas Syariah dan Hukum.

Penulis: Sadri Saputra. S.