Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Fakultas Syariah dan Hukum Laksanakan Pengabdian Masyarakat

  • 03-06-2021
  • 05:42 WITA
  • admin_fsh
  • Pengabdian Masyarakat

BULUKUMBA., FSH.UIN-ALAUDDIN.AC.ID., Dalam rangka pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi Bidang Pengabdian, Fakultas Syariah dan Hukum Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat, Sabtu 13 Februari 2021 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba dan Via Zoom Meeting. 

Pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema: Sosialisasi Arah Kiblat, Sosialisasi Undang-Undang Pernikahan, dan Penyuluhan Hukum dilaksanakan atas Kerjasama dengan Majelis Dai Muda Bulukumba sebagai pelaksanan lokal di Kabupaten Bulukumba.

Ketua Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba Drs. H. Muhammad Yunus, M.Pd.I. dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum dan seluruh civitas akademika atas dipilihnya Kabupaten Bulukumba untuk dijadikan salah satu tempat pengabdian masyarakat, terlebih tema yang diusung sangat penting dan menjadi kebutuhan bagi kami terkait dengan arah kiblat, undang-undang pernikahan, dan penyuluhan hukum, sebab dinamika masyarakat yang semakin kontemporer dimana hukum yang sudah jelas, namun di masyarakat memiliki pemaknaan lain.

Selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bulukumba mewakili pemerintah Kabupaten Bulukumba menyampaikan terima kasih dan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar atas dipilihnya Bulukumba sebagai tempat tujuan, kami mengucapkan selamat datang dan mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyambutan kami, tutupnya. 

Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. H. Muammar Muhammad Bakry, Lc., M. Ag. dalam sambutanya menyampaikan bahwa, Pimpinan Fakultas sangat menyambut baik Kerjasama ini, sebagai Perguruan Tinggi Negeri kegiatan ini merupakan salah satu dari tiga tri dharma perguruan tinggi yang harus kami laksanakan, sehingga teori yang telah diberikan dalam proses pengajaran dan penelitian tidak hanya diketahui oleh masyarakat kampus saja, tetapi harus tersosialiasi kepada masyarakat, terlebih tema yang diangakat berkaitan langsung dengan kehidupan masyarakat baik dari sisi Ibadah bagi umat Islam maupun dari sisi berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat.

Mewakili Pimpinan Fakultas, kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Bapak Kepala Kementerian Agama Bulukumba, Ketua Mejelis Dai Muda Bulukumba sebagai Lembaga Kerjasama kami, Para Ulama, Para Penegak Hukum, Para Akademisi dan Praktisi di Kabupaten Bulukumba, serta seluruh masyarakat Bulukumba atas kehadirannya dalam mengikuti acara ini, bagi kami kegiatan ini sangat luar biasa, karena menghimpunan seluruh elemen penting di Kabupaten Bulukumba, tambahnya.
Ketua Majelis Dai Muda Bulukumba, Ikhwan Bahar, S.Pd.I., M.Pd.I. menyampaikan harapannya semoga Kerjasama ini, tidak hanya selesai sampai di sini, tetapi berkelanjutan demi tersosialiasinya berbagai hal penting yang disampaikan dalam forum ini kepada masyarakat, harapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh segenap Unsur Pemerintah Kabupaten Bulukumba yakni: Kepala Kantor Kementerian Agama Bulukumba, Camat Ujung Bulu, Kapolres dan Dandim 1411 Bulukumba, KUA se Kabupaten Bulukumba, juga dihadiri oleh Ulama di Kabupaten Bulukumba yakni: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bulukumba, Ketua NU Bulukumba, Ketua Muhammadiyah Bulukumba, Ketua MDI Bulukumba, Ketua BKPRMI Bulukumba, Ketua Majelis Dai Muda Bulukumba, KUA Se-Kabupaten Bulukumba, Para Akademisi di Kabupaten Bulukumba, seperti: Rektor UNISMUH Bulukumba, Ketua STAI Al-GAZALI Bulukumba, Ketua STIKES Panrita Husada Bulukumba, dan segenap tokoh masyarakat di Kabupaten Bulukumba.

Penulis: Sadri Saputra. S.