Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UINAM Menjadi Pembicara dalam Kegiatan "Optimalisasi Peran Penyuluh Agama Islam dalam Pembangunan Nasional"

  • 29 Januari 2024
  • 03:41 WITA
  • Admin FSH
  • Berita

Fsh.uin-alauddin.ac.id,, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar menjadi pemateri dalam kegiatan “Optimalisasi Peran Penyuluh Agama Islam dalam Pembangunan Nasional di Provinsi Sulsel” yang diselenggrakan di kabupaten Jeneponto, Sabtu 27/01/2024.

 

Kegiatan yang digelar oleh Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia dihadiri oleh Dr. H. Abd Rauf Muhammad Amin, Lc., M.A yang diundang sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Dan diikuti oleh para penyuluh dan imam desa se Kabupaten Jeneponto dan Bantaeng.

 

Pada kegiatan ini Dekan FSH memberikan materi tentang penguatan Moderasi beragama dan seberapa penting moderasi dalam beragama. Dalam kesempatan ini pula beliau mengelaborasi dan mengartikulasikan apa yang menjadi prinsip dan basis-basis dalam moderasi beragama.

 

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Dr. H. Abd Rauf Muhammad Amin dalam kesempatan ini yakni bahwa moderasi dalam beragama itu bukan suatu pilihan tetapi suatu kewajiban karena ini merupakan esensi paling utama dalam agama Islam, ciri khas seorang moderat itu tidak kaku dalam memahami Islam karena dalam agama Islam tidak hanya ada hitam dan putih tetapi ada beberapa fleksibilitas yang lain tergantung dengan situasi dan kondisinya. Karena tergantung situainya, Islam sangat situasional  dan kontekstual atau selalu mempertimbangkan konteksnya.

 

Lanjutnya beliau kemudian menyampaikan ciri khas lain seorang moderat yakni mampu membedakan mana beragama diruang publik dan mana beragama diruang privat, karena ada beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika beragama sendiri secara individual, tetapi ketika kita melaksanakan diruang publik itu harus melihat konteksnya. Tidak semua yang kita pahami benar, dan tidak semua yang selama ini kita amalkan boleh dilakukan disemua waktu dan tempat.